Fungsi AVERAGE di Microsoft Excel digunakan untuk menghitung rata-rata (mean) dari sekumpulan angka. Rata-rata adalah jumlah dari semua nilai dibagi dengan jumlah nilai tersebut.
Sintaks Dasar:
=AVERAGE(number1, [number2], ...)
- number1: Argumen pertama, bisa berupa angka, referensi sel, atau range sel yang berisi angka.
- number2 (opsional): Argumen selanjutnya, bisa hingga 255 argumen.
Contoh 1: Rata-rata Nilai Ujian
Misalkan Anda memiliki nilai ujian siswa di sel A1 hingga A5:
A | |
---|---|
1 | 80 |
2 | 75 |
3 | 92 |
4 | 68 |
5 | 85 |
Untuk menghitung rata-rata nilai ujian, ketik rumus berikut di sel mana pun:
=AVERAGE(A1:A5)
Hasilnya akan menjadi 80.
Contoh 2: Rata-rata Penjualan Harian
Misalkan Anda memiliki data penjualan harian selama seminggu di sel B1 hingga B7:
B | |
---|---|
1 | 500000 |
2 | 620000 |
3 | 480000 |
4 | 710000 |
5 | 550000 |
6 | 680000 |
7 | 590000 |
Untuk menghitung rata-rata penjualan harian, ketik rumus berikut:
=AVERAGE(B1:B7)
Hasilnya akan menjadi 590000.
Catatan:
- Fungsi AVERAGE akan mengabaikan sel kosong dan sel yang berisi teks.
- Jika Anda ingin menyertakan nilai logika (TRUE/FALSE) atau teks yang merepresentasikan angka dalam perhitungan rata-rata, gunakan fungsi AVERAGEA.
- Fungsi AVERAGE adalah bagian dari kategori fungsi statistik di Excel.
Semoga penjelasan ini membantu!